Dosen dan Laboran FST Ikuti Pelatihan Pemahaman SNI ISO/IEC 17065:2012 dan DPLS 21

Pelatihan Pemahaman SNI ISO.IEC 17065:2012 dan DPLS 21 di Aston Palembang Hotel & Conference Center, Kamis dan Jum’at, 29-30 November 2018.

LPH – Kegiatan Pelatihan Pemahaman SNI ISO/IEC 17065:2012 dan Dokumen Pendukung Lembaga Sertifikasi (DPLS) 21, berlangsung di Hotel Aston Palembang selama dua hari yakni 29-30 November 2018. Pelatihan ini ditujukan untuk Dosen dan Laboran FST, kegiatan bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai standar tentang Penilaian Kesesuaian Persyaratan untuk Lembaga Sertifikasi Produk, Proses dan Jasa. Selain itu pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai syarat dan aturan Akreditasi Lembaga Pemeriksa Halal. Jum’at, (30/11/2018).

Peserta kegiatan ini adalah 12 orang Dosen Prodi Biologi dan Kimia FST yakni Dr. Irham Falahudin, M.Si, Syarifah, M.Kes. Rr. Hoetari Tirta Amalia, M.Kes. Anita Restu Puji Raharjeng, M.Si., Biomed.Sc., Ike Apriani, M.Si, Riri Novita Sunarti, M.Si, DR. Hj. Delia Yusfarani, M.Kes., Andi Saputra, M.Kes., Nurul Kholidah, S.St. MT., Siti Rodiah, M.Si, Ade Oktasari, M.Sc. dan 2 orang peserta dari Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Kedua pelatihan ini sangat diperlukan untuk dilaksanakan, mengingat UIN RF Palembang akan membuka Lembaga Pemeriksa Halal di tahun 2019. Narasumber untuk kegiatan pelatihan ini adalah Juanda Reputra, S.Si.M.Si. seorang tenaga ahli atau pakar sistem manajemen mutu dan produk dari KAN-BSN Jakarta.

Bimbingan difokuskan pada penyamaan persepsi persyaratan akreditasi  halal dan penyusunan manual mutu LPPOM berdasarkan DPLS 21 dan acuan normatif lainnya yang ditetapkan oleh KAN.  Diskusi menarik  terjadi dalam pembahasan penentuan legalitas LPPOM, kompetensi personel sertifikasi, pengawasan produk halal di pasar, mekanisme pemberian sertifikat,  mekanisme pengaduan dan keluhan, dan pemberian lisensi logo halal.

Sebelum diberikan pelatihan, diadakan pre-test dan post-test untuk mengetahui perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah pelatihan. Dari pre-test dan post-test tersebut didapatkan juara pertama dengan nilai terbaik atas nama Riri Novita Sunarti, M.Si dari Prodi Biologi FST UIN RF.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *