RAPAT KOORDINASI PEMBINAAN LEMBAGA PEMERIKSA HALAL SE INDONESIA OLEH BPJPH

Pembinaan terhadap Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) hasil akreditasi golongan pratama selalu di pantau oleh Badan Penyelengara Jamianan Produk Halal (BPJPH). Untuk menindaklajuti hasil akreditasi tersebut LPH se Indonesia diundang oleh BPJPH berdasarkan surat nomor B-478/BD.II/P.II.II/HM.01/04/2023 tertanggal 3 April 2023 melalui Pusat Pembinaan Pengawasan JPH. Implementasi pembinaan Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) tingkat pratama serta berdasarkan evaluasi kinerja jumlah Sertifikat Halal yang diproses melalui LPH. Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Horison Bandung (10-12/04/2023). Peserta yang hadir ada 45 LPH dan utusan LPH UIN Raden Fatah Palembang yaitu Ketua LPH (Dr. Irham Falahudin, M.Si) sesuai dengan surat tugas rektor nomor B-311/Un.09/3.4/KP.01/04/2023 tertanggal 5 April 2023. Kegiatan ini telah dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Pembukaan rapat koordinasi pembinaan LPH ini sekaligus pemberian sertifikat akreditasi KAN Laboratorium BPJPH sebagai Laboratorium Uji dengan memberikan empat layanan. Materi lain yang disampaikan pada hari kedua peran konsorsium Laboratorium Uji terakreditasi KAN yang disampaikan oleh Direktur Standar Nasional satuan, Ukuran dan Mekanika, Radiasi dan Biologi BSN (Wahyu Purbowasito).  Selain itu, materi integrasi system digitalisasi IT terhadap LPH yang sudah beroperasional agar terjadi sinkronisasi.Oleh karena itu, evaluasi satu tahun hasil akreditasi masih banyak LPH yang belum melakukan registrasi auditornya. Persyaratan ini harus dipenuhi oleh LPH agar bisa melakukan auditor dan terdaftar di BPJPH. Selain itu, LPH dituntut untuk naik kelas dengan melakukan akreditasi laboratorium halalnya sehingga bisa menuju LPH golongan Madya atau utama.

Rakor pembinaan LPH ini diharapkan ada peningkatan sertifikasi secara regular oleh LPH dalam menyukseskan program peningkatan sertifikasi halal bagi pelaku usaha kecil dan menengah. Proses ini diperlukan koordinasi dan sinkronisasi untuk digitalisasi system agar mempermudah cara kerja LPH di lapangan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *