EKSISTENSI LEMBAGA PPH UIN RADEN FATAH MELAKUKAN DIKLAT PPH ANGKATAN KE II BAGI MASYARAKAT SUMATERA SELATAN

Setelah sukses melaksanakan training pendamping proses produk halal (PPH) bagi dosen di lingkungan UIN Raden Fatah, maka pada 30 Mei-4 Juni 2022 Lembaga PPH UIN Raden Fatah Kembali menggelar training PPH bagi penyuluh agama Islam, UMKM, Dosen/Karyawan di Sumatera Selatan. Pada training kedua PPH ini diikuti oleh 100 dari berbagai kota di Sumatera Selatan. Kegiatan ini untuk mensukseskan pelaksanaan program Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) 2022 Kementerian Agama RI pada tahun 2022 bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

Berdasarkan surat undangan yang telah disampaikan, maka pelaksanaan ToT ini melibatkan semua elemen pelaku usaha, penyuluh Agama, PKH Kehutanan, dosen di wilayah Sumatera Selatan sekitarnya. Kegiatan yang telah dilaksanakan selama lima hari secara daring dengan peserta aktif 100 dari berbagai instansi. Kegiatan ini dimulai dari laporan panitia kegiatan atas keberhasilan PPH pada Angkatan pertama dan capaian target pada Angkatan kedua. Harapannya dengan pelibatan dosen dan seluruh elemen masyarakat dapat mencapai target yang diinginkan oleh PPH UIN Raden Fatah, demikian disampaikan panitia pelaksana (Gusmelia Testiana, M.Kom). Selanjutnya diklat PPH dibuka secara resmi oleh Rektor UIN Raden Fatah Palembang (Prof. Dr. Nyayu Khadijah, S.Ag. M.Si). Dalam arahannya rektor menyambut baik kegiatan ini, beliau menyampaikan agar hasilnya segera diregistrasi bagi yang lulus dan segera dapat mendampingi UMKM yang ada diwilayah Sumatera Selatan. Dengan demikian, PPH UIN Raden Fatah Palembang dapat berbuat lebih banyak untuk ummat. Selanjutnya beliau mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan narasumber kegiatan ini yang telah dapat membangun UIN Raden Fatah melalui Lembaga PPH. Koordinasi yang baik dengan pohak kanwil Kemenag akan dapat menjaring peserta PPH dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Narasumber kegiatan berasal dari internal dan eksternal UIN Raden Fatah. Narasumber  antara lain Dr. Irham Falahudin, M.Si, Gusmelia Testiana, M.Kom, Ikhwan Fikri, Lc. M.Llm, Syarifah, M.Kes (LPH UIN Raden Fatah), Nilawati, M.Ag. (WD 3 Febi), Santoso, M.Hum (Fahum) dan Drs. Yauza Efendi, M.M (BPJPH Sumsel). Kegiatan ToT yang dilaksanakan terdiri dari teori dan praktik, pada hari terakhir dilakukan ujian kompetensi PPH. Bagi peserta yang lulus akan diregistrasi oleh Lembaga PPH UIN Raden Fatah Palembang ke sistem SiHalal BPJPH Kementerian Agama RI.  Pada akhir kegiatan ini, banyak harapan yang disampaikan ketua LPH UIN Raden Fatah, bahwa peserta yang lulus nantinya dapat menambah jumlah pendamping PPH di Sumatera Selatan. Serta dengan bertambahnya SDM PPH akan dapat menyukseskan program SEHATI 2022 dengan pengajuan Self declare bagi pelaku usaha mikro di Sumatera Selatan nantinya. Akhirnya akan dilakukan Kembali training PPH untuk Angkatan ketiga agar target capaian Sumatera Selatan dapat diraih dengan baik. (IF,2022)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *