REKTOR UIN RADEN FATAH MEMBUKA DIKLAT PENDAMPING PROSES PRODUK HALAL ANGKATAN III DAN IV BAGI MASYARAKAT SUMATERA SELATAN

LPH-UINRF — Eksistensi keberadaan Halal Centre di UIN Raden Fatah Palembang sudah mulai dikenal oleh pelaku usaha mikro dan usaha kecil (UKM) di Provinsi Sumatera Selatan umumnya dan Kota Palembang khususnya. Halal Center di UIN Raden Fatah telah memiliki tiga Lembaga halal yang teregistrasi yang diamanahkan UU Nomor 33 Tahun 2014. Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) proses menunggu keluarnya sertifikat akreditasi, Lembaga Pendamping Proses Produk Halal (LP3H) dan Penyelia Halal. Dari ketiga Lembaga tersebut saling sinergi dalam melakukan penguatan kelembagaan seperti pelaksanaan diklat PPH. Setelah sukses melaksanakan training pendamping proses produk halal (PPH) secara mandiri tahap 1 dan 2, maka Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memberikan Amanah baru kepada LP3H UIN Raden Fatah untuk melaksanakan kegiatan diklat PPH bagi masyarakat kota Palembang, terutama di Kecamatan SU dengan kuota 205 orang pendamping.

Kegiatan ini diselenggarakan dari tanggal 7-11 September 2022 bertempat di UIN Raden Fatah Palembang secara semi daring. Kegiatan ini telah dibuka oleh Rektor UIN Raden Fatah (Prof. Dr. Hj. Nyayu Khodijah, S.Ag. M.Si) secara daring. Dalam sambutannya rektor menyampaikan bahwa pentingnya sertifikasi halal ini menjadikan perhatian kita semua, beliau menyampaikan bahwa PPH sudah ditunggu oleh ummat yang memerlukan pendampingan kita untuk proses sertifikasi halal bagi pelaku usaha. Produk Halal memberikan rasa aman dan nyaman bagi konsumen untuk seluruh ummat Islam dan ummat lainnya.  Hal senada yang disampaikan ketua LPH/HC UIN Raden Fatah Palembang (Dr. Irham Falahudin, M.Si) bahwa ada tugas mulia sebagai pendamping PPH, selain itu amal di dunia dan di akhirat. Dalam laporannya ketua LPH menyampaikan bahwa UIN Raden Fatah telah memiliki 98 SDM PPH dan telah melakukan pendampingan sebanyai 205 pelaku usaha untuk mendapatkan sertifikasi halal. Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan program Sertifikat Halal Gratis (SEHATI) 2022 Kementerian Agama RI pada tahun 2022 bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

Kegiatan ini dimulai dari laporan panitia kegiatan atas keberhasilan PPH pada Angkatan pertama dan capaian target pada Angkatan kedua. Harapannya dengan pelibatan masyarakat di Kota Palembang dan seluruh elemen masyarakat dapat mencapai target yang diinginkan oleh PPH UIN Raden Fatah, demikian disampaikan panitia pelaksana (Dr. Syarifah, M.Kes), PPH UIN Raden Fatah Palembang dapat berbuat lebih banyak untuk ummat. Selanjutnya beliau mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan narasumber kegiatan ini yang telah dapat membangun UIN Raden Fatah melalui Lembaga PPH. Koordinasi yang baik dengan pihak kanwil Kemenag akan dapat menjaring peserta PPH dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Selatan.

Narasumber kegiatan berasal dari berbagai fakultas di UIN Raden Fatah yang telah lulus pada ToT PPH Angkatan pertama  antara lain dari Fakultas Sains dan Teknologi seperti Dr. Irham Falahudin, M.Si, Gusmelia Testiana, M.Kom,  Dr. Syarifah, M.Kes. Mariyamah, MT., Novin Teristiandi, M.Sc., RA. Hoetary Tirta Amallia, M.Kes., Dwi Fitriani, M.Si. Riri Novita Sunarti, M.Si., Elfira Rosa Pane, M.Si.Ade Oktasari, M.Si. dr. Delia Yusfarani, M.Kes. Binar Azwar Anas Harfian, M.Pd., Farah Nuerissa Aputri, M.Si., Fakultas Syariah dan Hukum ada Ikhwan Fikri, Lc. M.Llm,  Fadillah Mursid, MH., Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Dr. maftuha Tusolikhah, M.Ag., Ria Agustina, Lc, MA. Ph.D, Sahroni Abdullah, M.FIL, Iceu Sri Gustiana, M.Hum.  Dari Fakultas Adab Santoso, M.Hum (Fahum). Dengan pemandu acara antara lain Rachmania, SE. M.Si,  Tariza Putri Ramayanti, M.Si (FEBI) Rohmaniyah,S.IP.,M.A (Fahum), Fathiyah Nopriani, M.Kom., Marsi Sulistiawati, M.Kom, Andi Saputra, M.Biomed (FST).

Kegiatan ToT yang dilaksanakan terdiri dari teori dan praktik, peserta yang lulus akan diregistrasi oleh Lembaga PPH UIN Raden Fatah Palembang ke BPJPH Kementerian Agama RI.  Pada akhir kegiatan ini, banyak harapan bahwa bertambah jumlah pendamping PPH di Sumatera Selatan akan dapat menyukseskan program SEHATI 2022 dengan pengajuan Self declare bagi pelaku usaha mikro dan kecil di Sumatera Selatan (IF,2022)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *